Liburan Akhir Pekan Seru di Bandung

Dipikir pikir, bulan April – Mei ini banyak banget yah tanggal merahnya. Nah, buat kamu warga Jabodetabek, khususnya Jakarta, waktu akhir pekan ini merupakan waktu yang paling pas untuk liburan. Apalagi dengan banyaknya long-weekend,  langsung deh masyarakat ibu kota ramai – ramai berangkat liburan. Intinya, akhir pekan merupakan waktu yang pas untuk bersenang-senang. Meskipun hanya dua hari, tetapi liburan singkat ini juga dapat menjadi obat stress yang manjur!

Selain berlibur dengan keluarga atau pasangan, biasanya orang  – orang juga banyak menikmati  liburan akhir pekan dengan cara backpacking bareng teman – teman. Karena waktu liburannya pendek, kamu bisa memilih destinasi tempat wisata untuk backpacking yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, misalnya Bandung.

Siapa sih yang nggak tau Bandung yang juga dikenal sebagai Kota Kembang ini? Pergi ke Bandung dari Jakarta termasuk mudah lho, hanya sekitar 3 jam perjalanan dengan kereta api dari Stasiun Gambir. Untuk akomodasinya, ada banyak pilihan penginapan, terutama di sekitar Stasiun Bandung. Kamu bisa cek daftar hotel dekat stasiun Bandung yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat di sini. Supaya lebih mudah, sebaiknya pesan hotel jauh-jauh hari melalui aplikasi atau website perjalanan, seperti Traveloka.

Apa saja sih aktivitas wajib yang harus dilakukan selama jalan – jalan di Bandung? Ini dia rinciannya.

Keliling Bandung Naik Bandros

Picture1.png
Source: Infobandung

Sebelum jalan – jalan ke tempat wisata spesifik yang ada di Bandung, coba deh kamu keliling dulu melihat seluruh kota. Bukan dengan berjalan kaki tentunya, tetapi dengan naik bus bandros. Bus berdesain vintage ini disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung sebagai layanan tur kota. Bus ini terdiri dari dua jenis, yaitu bus tingkat dengan atap terbuka dan bus standar tanpa tingkat.

Untuk dapat menikmati layanan tur ini, wisatawan diharuskan melakukan reservasi terlebih dahulu.  Reservasinya bisa dilakukan untuk perorangan atau rombongan. Tarif bus ini juga cukup terjangkau lho, yaitu Rp25.000 per orang dan Rp700.000-Rp800.000 untuk rombongan yang terdiri dari 40 orang.

Berwisata Alam Sepuasnya

Picture2.png
Source: anekatempatwisata

Salah satu yang bikin saya suka banget sama Bandung adalah udaranya yang sejuk. Tau sendiri kan, Bandung itu banyak dikelilingi oleh perbukitan. Jadi, setelah puas keliling kota naik bus bandros, saya sarankan kamu cobain wisata alam yang pemandangannya masih asri banget, beda deh kayak di Jakarta, hehe.

Biasanya, wisata alam di Bandung itu identic dengan Tangkuban Perahu. Disini, kamu bisa menikmati pesona dari 3 kawah populer di Gunung Tangkuban Perahu, namanya kawah ratu, kawah upas, dan kawah domas. Setelah mengunjungi Tangkuban Perahu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke The Lodge Maribaya, tempat yang lagi kekinian banget di Bandung.

Nggak cuma itu, wisata alam di Bandung juga meliputi berbagai wisata curug atau air terjun dan danau. Ada beberapa curug yang direkomendasikan untuk dikunjungi, yaitu Curug Malela, Curug Pelangi, dan Curug Maribaya. Untuk situ atau danau favorit yang ada di Bandung di antaranya adalah Situ Patenggang dan Situ Lembang.

Mencicipi Sajian Kuliner Lengkap di Bandung

Picture3.png
Source: reportaseharga

Setelah puas keliling ke tempat wisata, pastinya perut terasa lapar dong ya, hehehe.  Kini saatnya melakukan wisata kuliner sebelum balik lagi ke aktivitas rutin di Jakarta. Emang sih, Bandung sering dikenal sebagai kota mode dan mendapat julukan Paris van Java. Tapi, bukan hanya masalah mode saja, Bandung juga terkenal dengan aneka sajian kulinernya yang enak – enak banget! Selain rasanya yang nikmat, modifikasi kuliner yang dilakukan juga terbilang sangat unik.

Beberapa tempat kuliner yang wajib dicoba saat di Bandung, di antaranya adalah:

  • Sapu Lidi Lembang
  • Paskal Food Market
  • Kampung Daun
  • Yoghurt Cisangkuy
  • Roemah Nenek Resto Cafe
  • Nasi Kalong

Selain restoran dan kafe seperti di atas, masih banyak lagi tempat kuliner khas lainnya yang harus kamu kunjungi ketika sedang ada di Bandung, terutama kuliner kaki lima.

Banyak Pilihan Hotel Hemat di Bandung

Supaya ringkes dan nyaman, ketika melakukan backpacking, lebih baik kamu sewa penginapan yang dekat dengan stasiun, terminal, atau bandara. Selain harga sewanya yang hemat, hal ini memudahkan kamu ketika harus berpindah lokasi dengan waktu yang sangat singkat. Seperti yang telah disebutkan di atas, hotel dekat Stasiun Bandung bisa menjadi pilihan utama sebagai tempat menginap dan beristirahat.

Untuk mendapatkan tarif sewa hotel yang lebih murah dan terjangkau, kamu bisa menggunakan promo TGIF dari Traveloka yang berlaku setiap hari Jumat-Minggu. Promo ini tentunya sangat cocok digunakan oleh kalian yang kebetulan akan melakukan backpaking dalam waktu dekat.

Jadi, sudah siap berangkat ke Bandung akhir pekan ini? Selamat jalan – jalan dan ditunggu ceritanya yah 🙂

Note : Artikel ini merupakan hasil kerja sama dengan Traveloka

Advertisements

19 thoughts on “Liburan Akhir Pekan Seru di Bandung”

  1. Bandung memang berderet tempat wisata yang asyik menarik. Penginapannya juga bervariasi dan terjangkau. Yang perlu diwaspadai cuma macetnya hehe

  2. Kemarin nggak sempat ajak M ke Bandung, pas terakhir pulang tahun 2015 akhir soalnya pas jadwal liburan jadi dianya udah trauma macet (kami kena macet 7 jam gitu ke Puncak). Nanti kalo pulang lagi dan nggak pas lagi jadwal liburan di Jakarta, mau ajak dia ke Bandung 🙂

    1. Pasti bakal seneng banget deh Mar sekalian wisata kuliner hehehe. Tapi kayaknya jangan weekend kesana nya supaya nggak macet 🙂 atau bisa cobain naik kereta kalau mau adventure, udah nyaman kok hehe

      1. Mauuuu dong! Who can say to to Bandung’s food Mar hehehehe.. aku kemarin naik Uber dan Gojek 😀 Kalo rame2 Uber aja kali yaa.. kena macet dikit di dalem kotanya tapi mending gak macet di Bekasi-Cipularang situ Mar…

  3. Bandung memang oke! Tapi macetnya itu lho, apalagi sewaktu weekend atau tanggal merah! Dulu sewaktu masih di Bandung, aku selalu avoid going out sewaktu weekend Chris. Ke PVJ cari parkir kosong doang bisa sejam lebih ahahahah 😆 . *gak rela bayar parkirnya sejam lebih cuma buat begitu doang*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s