Belanja di Amerika

Sebagai orang Indonesia, nggak bisa dipungkiri kalau kita banyak dibombardir sama merek – merek Amerika dari dulu… ya kan? Maklum, pengaruh Hollywood kenceng banget di kehidupan kita sehari – hari. Jadi, nggak heran kalau orang yang tau saya sekarang pindah ke Amerika sering tanya – tanya soal belanja ini – itu disini. Kadang nanya doang, kadang mencoba nitip, tapi sayangnya saya nggak tau kapan saya mau pulang ke Indonesia tuh.. hehe.

Nah, soal belanja ini, ada beberapa hal yang saya masih suka heran atau belum biasa.

Pertama, orang Indonesia cenderung tau aja gitu soal merek Amerika yang nggak mainstream. Contohnya makeup atau skincare. Beberapa kali saya dapat pertanyaan soal merek skincare tertentu, misalnya Herbivore, Tatcha, Sunday Riley, atau Drunk Elephant yang semuanya bisa ditemukan di Sephora. Anehnya, merek2 tersebut nggak dijual di Sephora Indonesia dan (setau saya) nggak pasang iklan TV atau majalah. Tapi awareness nya lumayan lho di Indonesia. Saya aja kalo nggak main ke Sephora nggak tau deh… eh ini orang2 di Indonesia lebih tahu hehehe. Saya jadi kesannya kuper gitu ya disini :)))))))

Kedua, soal cara belanja. Saya juga dulu gini sih di Indonesia. Misalnya saya pengen cari sepatu merek A, saya ke department store Metro di Pondok Indah Mall (duh kangen PIM :P). Lalu saya ketemu nih sepatunya, tapi ngga ada ukuran. Saya bisa minta orang toko nya buat cek di Metro cabang lain, kemudian ambil barangnya di kemudian hari. Nah, kalo disini, hal seperti itu rada ngga mungkin. Biasanya pegawai toko bakal suruh kita untuk cek di website mereka aja. Malah, disini saya jarang ke toko kecuali belanja groceries dan liat2 toko tertentu yang emang ngga ada online store nya. Intinya, disini apa – apa belanja kebanyakan online, soalnya perputaran barang di toko cepat banget, bisa – bisa hari ini ada stok besok udah ngga ada. Mending belanja online kan, lebih praktis. Kalau ternyata nggak cocok, tinggal balikin!

Ketiga, soal balikin barang. Di Amerika, barang2 yang sudah kamu beli bisa dikembalikan ke toko dengan syarat tertentu. Kebanyakan toko sih syaratnya bisa dikembalikan dalam jangka waktu 30 hari dari waktu pembelian dan menyertakan struk pembelian awal. Yang masih jadi surprise buat saya, kita bisa minta uang kembali lho! Kalau di Indonesia kan rata2 cuma bisa tukar barang ya. Yang saya masih heran juga, soal balikin barang ini bisa berlaku juga buat makanan dan makeup/skincare. Saya pernah beli skincare di Sephora dan nggak cocok karena kulit saya merah2, kalo di Indonesia kan terima nasib aja ya, nah R bilang saya bisa balikin, dan bener dong, saya balikin, uang saya dikembalikan penuh! Tapi emang dasar, disini banyak aja oknum2 yang memanfaatkan kemudahan ini. Saya pernah denger cerita temen yang kerja di retail, dia pernah terima barang kembali dalam bentuk setengah kosong hahaha. Lha, kalo nggak cocok kok sudah hampir habis barangnya? Emang dasar yaaaa πŸ˜› Oh iya, sebagai mantan karyawan perusahaan FMCG saya bingung banget lho soal supply chain dan laporan penjualan nya. Misalnya sebuah barang sudah dicatat laku terjual bulan ini, eh terus bulan depannya dibalikin? Repot juga ya pencatatannya :)))))))

Keempat, soal jenis toko. Toko/retail chain disini ada banyak banget! Saya aja kayaknya belum masuk ke semua yang ada di kota saya deh. Saya mau ceritain dikit aja deh ya.. seingetnya hehe. Jadi, kalo mau belanja groceries, di kota saya ada beberapa supermarket namanya Stater Bros, Vons, Ralphs, dan Trader Joes. Khusus Trader Joes ini 90% barangnya merek mereka sendiri, atau Private Brand istilahnya. Saya suka banget karena ngga ada barangnya yang ngga enak, harganya cenderung bersahabat, dan kemasannya lucu2 banget! Cuma, Trader Joes nggak sedia daging segar walau menurut saya bagus juga kok kualitas dagingnya. Lalu ada juga super store atau di Indonesia kayak Hypermarket gitu ya, yaitu Walmart, Kmart, dan Target. Walmart tuh isinya segala ada, mulai dari vitamin sampe aksesoris hp, harga murah, tapi khusus barang2 produce atau bahan masakan nggak gitu bagus. Main2 ke toko Walmart selalu bikin saya seneng karena saya bisa puas liat2in barang2 nya hehe. Kalo Target mirip Walmart, dengan kualitas barang yg lebih bagus tapi harga juga lebih mahal sedikit, dan menurut saya lebih fokus ke baju/sepatu/tas dll dan makanan kering. Kalo main ke Walmart aja udah bikin saya seneng, main ke Target bisa bikin saya lebih seneng lagi! #ILoveTarget hahahaha.

Nah, kalo belanja baju dan lain2, ada banyak department store yang mungkin udah familiar ya seperti Macy’s, Saks Fifth Avenue, Sears (yang ini kayaknya ampir bangkrut huhu), Nordstrom dan sebagainya. Masing2 ada segmentasi nya sendiri. Ada juga retail chain mini khusus barang diskon, namanya Ross, Marshall’s, TJ Maxx, Nordstrom Rack, Saks Off Fifth, Neiman Marcus Last Call, hmmm kayaknya sih udah itu aja.

Sekarang saya mau cerita tentang toko diskonan ini. Mereka tuh kayak FO di Bandung tapi dengan kualitas bagus (kalo di FO kan banyak barang reject ya), cuma barang2 nya stok lama gitu. Toko2 ini favorit saya kalo belanja soalnya saya bisa dapat barang bermerek dengan harga miring banget. Misalnya, sepatu Toms yang biasanya harganya bisa sampe sekitar $70 bisa kamu dapat setengah harga. Kalau kamu kebetulan mampir ke Amerika dan mau belanja, coba deh mampir ke toko2 yang saya sebut diatas, pasti puas banget!

Ngomong2 soal belanja di toko diskonan diatas, kemarin ini saya baru belanja di Nordstorm Rack dekat rumah. Saya lagi butuh sepatu flats hitam karena sepatu yang saya bawa dari Indonesia sudah hampir jebol. Saya ketemu sepatu mereknya Seychelles yang sebenernya saya nggak pernah dengar tapi saya nggak peduli merek, saya suka banget modelnya, ukurannya pas, dan harganya lumayan masuk budget. Harga awalnya $94, diskon jadi $36. Lumayan kan diskonnya? Setelah menimbang2, saya memutuskan untuk membelinya, jadi saya bawa ke kasir sepatunya. Sampai kasir, pas lagi scan barangnya, sales assistant nya bilang “Oh, the price’s gone down to a penny!” Saya nangkepnya harganya turun 1 penny atau 1 sen. Yaudah sih, diskon 1 sen kan kurang terlalu berarti ya. Eh taunya pas saya lihat harga total belanjaan saya di mesin kasir, totalnya nggak nyampe $5 padahal saya beli kaos kaki juga. Saya langsung tanya, nggak salah tuh?! Ternyata bener dong, si kasir menjelaskan, kalo sepatu itu sebenernya sudah harus di keluarkan dari inventory toko tapi ada kesalahan di tim mereka jadi masih ada disana, untuk itu, harganya di diskon jadi 1 sen! 1 sen aja sodara – sodara! Beli air putih aja nggak bisa dengan 1 sen, eh saya dapat sepatu bermerek seharga segitu! Saya langsung nyengir dong… dan si kasir menjelaskan lagi kalau kadang2 hal ini terjadi, dan emang jadi keuntungan buat si pembeli. Wooowww! Langsung saya putuskan kalau sepatu itu bakal jadi my lucky shoes yang akan saya simpan sampai jebol, hahahahaha.

Ini dia sepatunya, lumayan kan? πŸ™‚

Asli, sampai sekarang saya masih nggak percaya kalau saya beli sepatu seharga 1 sen! Hahaha. Jadi, kapan mau samperin saya disini? Nanti saya temenin belanja bareng dan memburu diskonan hehehe πŸ˜€

Advertisements

47 thoughts on “Belanja di Amerika”

      1. Aku sering nonton video2 YouTube yang dateng ke supermarket trus nyorot tiap row nya Ta (yes videos like that exist) dan kaget banget lihat 1 jenis sereal aja mereknya bisa ada lebih dari 5…

  1. Menarik banget ceritanya Christa. Aku baca sambil mbayangin. Toko2 di Amerika macam Target (nyebutnya Hypermarket ya hehe) gitu beneran guedee guedee ya. Kata orang kan apa2 di Amerika itu gede2. Itu sepatu beneran sepatu hoki. Bagus lho modelnya. Dan hanya 1 sen! Di sini aku beberapa kali balikin sayuran ke supermarket karena sudah tidak bagus kualitasnya sebelum tanggal expired. Dan itu membuatku tercengang, diganti yang baru. Kayak merasa, wow keren banget ya. Haha norak, maklum baru di sini tahu yang beginian.

    1. Iyaaa Den beneran guedeee bgt, bahkan supermarketnya gede. Disini macam minimarket kayak Indomaret dll ngga lakuu… adanya cuma 7/11 itu juga jarang, sering nempel sama pom bensin.

      Wah aku belum pernah balikin bahan makanan segar, lumayan yaa kalo di Indo kali kita yg malah diomelin tukangnya hahaha… aku juga sampe sekarang masih norak soal balik2in barang ini πŸ˜€

      1. Wah menarik ya. 7/11 yang dari Amerika bisa gak terkenal di negaranya sendiri, malah di negara lain yang heboh kayak Jepang, Singapore dan (dulu) Indonesia.

  2. Kalo balik lagi ke Amerika, aku pengen main ke Walmart dan Target… karena terakhir ke Amerika tuh 6 tahun lalu, dan masih belom sadar bahwa supermarket mereka segede2 gaban. Dulu aku juga pernah main ke supermarket namanya Ralph’s. Itu gede juga yaaaa…

    1. Iyaaa supermarketnya aja gede disini, kalo ke Walmart sama Target dan mau muterin semua aisle nya kayaknya bisa ampir setengah hari dehh saking guedenyaaa hehehe

  3. Yang bisa dikembaliin itu memang asyik banget ya Chris πŸ˜€ . Biasanya di pembukuan ada bagian retur kan ya? Tapi ini kalo retur dan barangnya sudah dipakai gitu kan otomatis nggak bisa dijual lagi ya? (Apalagi kalau dibalikin sudah dipake setengah, ini maksudnya apaan? Hahahahaa πŸ˜† ). Dan hoki banget itu sepatu turun jadi 1 sen!

    1. Iyaa di Belanda bisa juga kan ya? Nah iya kalo dibalikin setengah jadi bad stock dong ya.. di write off kali yah hahaha, kebayang orang Sales nya bulan ini udah catet nilai sales sekian eh bulan depan ada minus sekian barang2 yang dibalikin… πŸ˜‚ ribeeet tapi ya gapapalah konsumen senang! 😝 iyaa hoki banget gak sangkaa… hehe

      1. Kalo itu toko gede kayak target atau Walmart atau Costco mereka return lg ke vendor nya. Jd vendor nya yg loss. Tp mereka gak masalah karena mereka bisa masukin barang kesana aja udh untung gede karena sales nya gede kalo udh di target dll itu.

      2. Oooohh gitu ya Man. Thanks for the info! Makes sense… Selama ini aku bertanya2 sendiri hahaha. Soale inget waktu jaman kerja di pabrik minuman soda ituuu, semua produk beli putus. Disini berarti nggak gitu yah.

  4. Gile bener 1 sen! Hoki banget Chris! πŸ˜ƒ

    Disini di toko bisa juga kok suruh telp in lokasi lain kalo mau nyari barang. Dan gak tau lu udh tau atau gak,kalo lu udh di toko nya lu bisa minta beliin online (just in case barang nya ada online tp gak ada di toko) buat dikirim ke rumah dengan free shipping. πŸ˜ƒ

    Toko toko model Ross itu emang juara banget dah. Keluarga kita kalo dtg dari Indo juga demennya ke Ross dan Marshall Hahaha.

    Intinya di US itu surga belanja emang. Rata rata lebih murah dibanding Indo.

    1. Hahaha iya hoki banget yaaa πŸ˜€

      Oooh bisa ya? Aku pernah nanya nya di Target soalnya terus langsung disuruh cek ke website sama orangnya… mungkin itu kebetulan aja karyawannya males kali ya πŸ˜› Dan yang bisa minta beliin online baru tau tuuuh… nicee! Debes emang Amerika kalo soal belanja belanji ya hehehe

      Sama, aku kemaren kedatengan keluarga tadinya minta dianter ke FO, begitu kenal Ross sama Marshall udah puas katanya πŸ˜€

  5. Hahahaha gilaaakk 1 sen doank Chris! πŸ˜†πŸ˜† so lucky! Enak juga ya kalau ga cocok bs uang kembali, di indonesia juga bs sih ya tuker tapi, cuma kadang ada juga lho toko yang rese mempersulit kalau mau tuker barang 😏

    1. Nah iyaa di Indonesia kan kayaknya dipersulit banget ya dan itupun ga ampir ga bisa terima uang kembali.. kalau disini gampang banget! hehehe..

  6. Makanan di Trader Joe’s juga bisa dibalikkin Ta, kalo kita ga suka. Gw biasanya nyicip2 snacknya terus kalo ga suka bilang aja ke kasirnya, ga usah bayar. Tapi apa daya, biasanya suka semuaa… πŸ˜€
    Gilaaa hoki banget dapet sepatu 1 sen!
    And #ILoveTarget too! Line furniture dan pernik-pernik rumahnya juga oke bangettt!

    1. Hahaha iya kalo makanan trader joe’s kayaknya sulit ngga suka ya πŸ˜› enak semuaaa… Dan bener banget mengenai Target, pernak pernik nya lucu2, dan suka diskon pula kan #ILoveDiskon πŸ˜›

  7. Di stasiun juga ada sih
    Beli minuman seharga 1 rupiah
    Minumannya ada di vending machine
    Buat dapetnya harus donlod aplikasi dulu
    Wakakak ribetttttt

  8. Sepatunya bagus, Chris.. Seandainya disini ada gituan juga yaa.. Beberapa barang yang dibeli bisa dikembalikan juga kalau gak cocok.. Asal masih kayak aslinya pas beli dulu..
    pas xmas lalu, Iyan dapat 2 buku yang sama as xmas gift, pas mau balikkin walah susah banget, padahal kata orang tokonya memang boleh, tapi prosedurnya ribet banget, akhirnya biar gampang, tukar buku lain daripada minta refund duitnya..

    1. Thank you Inly hehehe, sepatunya jadi favorit soalnya model nya simpel dan nyaman banget dipake seharian juga…
      Wah kalo disini balikin barang gampang bangeet, hampir selalu aku balikin barang diterima dengan baik sih, nggak pake ditanya macem macem….

      1. Yg pas Iyan balikkin buku itu, kayaknya pas lagi xmas, dan memang lagi numpuk kayaknya banyak yang kembaliin hadiah, jadinya rada bete ( kayaknya yaaa ), tapi so far, kalau aku belanja belum permah nyoba balikkin juga.

  9. gw sering killing time di Marshall karena deket rumah kakak gw, beli2 yang ga penting kayak tas Tommy Hilfiger 20 dollaran or around 15 euro, mana mungkin dapet seharga gitu di Belgie :))
    1 sen sih tp hits bgt sih ya hahaha

  10. uwow seru sekali baca post ini (karena kangen belanja di mal). baru tau kalo bisa pesen barang yang habis di cabang lain dan ambil di kemudian hari :))

    anyway, rasanya di Amerika jauh lbh cepat ya trend online nya karena bbrp dept store disini juga tutup (spt debenhams dan matahari citos). rasanya org skrg jg beralih ke online.

    mungkin di Amerika pelanggan lbh dirajakan. jd barang bs dikembalikan, uang bs dibalikin. klo disini kynya org terlalu ga mau rugi jd walo dibalikin ttp aja dipake. ya maklum negara berkembang ya.

    klo disana ada ‘barang pecah berarti membeli’ gak? hihi. krn setau sy itu jg sbnrnya gak boleh klo ga disengaja

    1. Kenapa kangen belanja di mall hehehee udah lama nggak main ke mall yah? Iya, disini bisa gitu. Atau malah katanya bisa juga minta toko nya beliin online terus kirim kerumah tanpa biaya kirim (ini aku belum pernah coba)

      Iya, di Amerika pelanggan sangat dirajakan… saking dirajakan nya sampe kadang2 banyak pelanggan yang malah ngelunjak hehehe

      Hmmm kayaknya ngga ada sih, aku ngga pernah liat ada tulisan barang pecah berarti membeli disini… mungkin karena toko nya gede2 juga kali ya, gak bakal ketauan kalau mecahin/ngerusak barang pun :p

      1. iya udah cukup lama krn lebih sering belanja online skrg, lbh ribet jg bawa pasukan ke mana2. waduuh enak bgt bs minta kirim ke rmh tanpa biaya. good to know πŸ‘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s