Catatan Ramadan 2019

Nggak berasa ya, sekarang sudah hari – hari terakhir bulan Ramadan. Ini adalah Ramadan kali kedua saya di Amerika, kali kedua sebagai istri, jadi tentunya banyak hal menarik yang bisa saya rangkum buat bahan kenang – kenangan di blog πŸ™‚ Oh iya kalau mau baca cerita Ramadan tahun 2018 disini, tahun 2017 disini ya.

Oke, lanjut. Awal bulan Ramadan kali ini saya berasa lemes banget, rasanya puasa tuh berat banget, hampir seminggu saya jam 3 siang udah berasa lemes, lesu, kedinginan, dan cuma bisa tidur sampai menjelang buka puasa jam 7:30 malam. Saya sempet nanya2 di Twitter, gimana sih tips nya puasa panjang, dan juga nanya2 sama teman disini. Jawabannya bervariasi sih, tapi banyak yang bilang, makan kurma! Alhasil saya coba deh sahur pakai kurma, begitu juga pas buka puasa. Eh bener lho, nggak tau karena kurma nya, atau karena badan sudah beradaptasi, Alhamdulilah habis itu saya kuat puasa, nggak pakai lemes – lemes dan kedinginan lagi.

Sama seperti tema keagamaan pribadi saya akhir – akhir ini, tujuan saya di Ramadan ini pengen cari kedamaian dan ketenangan hati. Lumayan luas ya artinya, tapi Alhamdulilah saya mulai dituntun ke arah yang bikin saya senyum – senyum di bulan Ramadan ini, melalui bentuk yang bermacam – macam. Hehe, bingung nggak? Intinya memang kedamaian dan ketenangan hati itu memang personal sekali ya sifatnya.

Ramadan kali ini saya banyak menghabiskan waktu sendiri. Jadi karena sempat merasa lemas di awal Ramadan, saya memutuskan untuk libur sejenak dari berbagai kerjaan freelance saya. Eh, di minggu kedua saya sudah sehat, malah R yang kerjanya sibuk banget dan lembur terus. Jadilah saya sering buka puasa sendirian dan banyak waktu untuk mempelajari hal – hal yang memang ingin dipelajari πŸ™‚

Tapi, mungkin karena saya banyak sendiri, mungkin karena sudah satu tahun lebih belum pulang ke Indonesia, Ramadan kali ini saya merasa kangen banget dengan Indonesia. Kangen keluarga besar, kangen komunitas, kangen puasa bareng – bareng, bahkan saya sempet bilang sama R “duh sedih juga ya disini sepi puasanya, nih lihat deh temen2 di Jakarta pada saling kirim2an hampers lebaran, disini mana ada yang kasih hampers” Cetek banget ya keinginan saya hahaha, tapi bener sempet ngomong gitu ke R pas saya lihat instastory teman – teman di Jakarta yang saling berbagi kiriman makanan berbuka atau sahur.

Eh, nggak taunya, nggak disangka hari Jumat ini ada teman saya telpon pagi – pagi, bilang mau mampir ke rumah karena dia lagi ada urusan di daerah saya. Pas buka pager, dia dan suaminya nenteng hampers dong buat kami! Isinya puding coklat rumahan pakai fla, yang nggak sabar saya makan buat berbuka puasa nanti. Yaampun, terharu banget deh. Beneran saya bilang, gak ada kepikiran sama sekali bakal dapat sesuatu buat lebaran disini, karena kan beda aja ya budayanya. Taunya malah dapet kiriman, Alhamdulillah πŸ™‚ Kadang – kadang, keajaiban itu bukan sesuatu yang masif, tapi tetap aja efeknya bisa membuat hati tenang, senang, dan senyum – senyum seharian. Alhamdulillah πŸ™‚

Semoga Ramadan kali ini juga memberikan ketenangan dan kedamaian bagi kamu, kamu, dan kamu, dimanapun kamu berada. Semoga kita masih dipertemukan dengan Ramadan berikutnya dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi di hari – hari selanjutnya, dan semoga kita tetap diberkahi dengan keajaiban – keajaiban besar atau kecil yang membuat hati senang. Mohon maaf lahir dan batin, selamat menjelang lebaran ya!

Advertisements

19 thoughts on “Catatan Ramadan 2019”

  1. Alhamdulillah, semoga puasanya berkah. Saya pernah puasa pas summer, emang lumayan berat. Apalagi kalau bukan di lingkungan mayoritas muslim, tapi jadi bisa lebih memahami posisi menjadi minoritas.

  2. Semoga Ramadan ini membawa kedamaian dan ketenangan buat Christa dan kita semua.
    Selamat Idul Fitri.
    God bless you and fam.

    -Yuna with Love ❀ –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.