Kebiasaan Akhir Tahun di Amerika

Setelah semakin lama tinggal di Amerika, saya semakin sadar akan beberapa kebiasaan orang – orang di Amerika terutama menjelang periode pergantian tahun. Post ini bakalan random sih, tapi saya coba ceritain beberapa kebiasaan di Amerika yang saya baru sadari yaah (Kayaknya dulu udah pernah nulis tentang topik serupa tapi males carinya haha).

  • Kirim Kartu

Disini kirim kartu masih dijalanin banget, mulai dari ulang tahun, hari besar, bahkan sampai sekedar untuk say Hi kepada orang – orang terdekat juga bisa pakai kartu. Di Indonesia kayaknya terakhir saya kirim kartu waktu lebaran jaman masih kecil, nemenin orang tua beli di Gramedia hahaha.. tapi disini kartu tuh masih kepake banget dan bahkan jadi suatu hal yang normal. Kalau sama keluarga suami, urusan kirim kartu ini jadi sesuatu yang lebih spesial lagi terutama kalau ulang tahun, keluarganya kebiasaan nulis hal – hal yang baik dan “dalem” di kartu untuk yang ulang tahun, awalnya sempat bingung karena nggak kebiasa mengekspresikan perasaan lewat kartu, tapi sekarang udah mulai terbiasa. Yang lucu saya kirim kartu natal ke mama di Indonesia dengan model Amerika dong, nulis panjang lebar.. begitu sampe mama bingung hahaha.. seneng sih tapi dia bilang tumben2an, karena keluarga kami biasanya nggak model tulis-tulisan perasaan gitu 😀

  • Catet Alamat

Karena kirim kartu butuh alamat, jadi saya perhatikan orang – orang disini juga suka tanya alamat dan di catat baik2. Kalau pindah rumah, suka kirim pemberitahuan pindah rumah. Di Indonesia saya kayaknya banyak gak tau rumah temen dimana, kalaupun tau tempatnya, gak pernah catat alamat lengkapnya kecuali jaman udah mulai ada Gojek kalau ada perlu kirim sesuatu… Nah, gara2 kebiasaan ini saya baru aja beli buku alamat dan sekarang mulai catetin alamat teman2 dan keluarga. Seneng deh rasanya, padahal sebenarnya bisa dicatat secara digital tapi seneng aja bisa catat di buku.

  • Dekorasi Akhir Tahun

Bagian yang ini kayaknya sudah pernah saya ceritain sih, tapi akhir tahun kemarin baru ngeh kalau dekorasi akhir tahun tuh sesuatu yang dianggap serius banget disini. Dekorasi nya nggak cuma bertemakan natal, kadang hanya lampu – lampu meriah tanpa ornamen spesial. Tapi tetap kata kunci nya meriah! Sampai tahun kemarin saya belum ikutan dekorasi sih tapi rasanya akhir tahun ini saya mau mulai ikutan dekorasi biar lebih seru aja suasana akhir tahunnya.. berhubung saya belum upgrade kapasitas wordpress jadi nggak bisa pasang foto, kalau mau lihat suasana dekorasinya bisa lihat video ini yaa

  • Tukar Kado

Tukar kado ini juga jadi salah satu kegiatan akhir tahun yang rasanya dianggap penting di Amerika. Dulu di Indonesia saya sudah biasa sih sama acara tukar kado di keluarga mama yang merayakan Natal, juga di kantor dengan teman2 satu tim. Tapi disini rasanya lebih spesial karena tradisi tukar kado nggak cuma dijalankan antara sesama anggota keluarga, tapi juga dengan teman – teman dan juga rekan kerja di kantor. Dan yang juga bikin spesial adalah soal pemilihan kadonya. Kalau di Indonesia rasanya pilih kadonya lumayan “asal”, yang penting bagus dan masuk budget, kalau disini rasanya orang – orang lebih memperhatikan keinginan dan selera orang yang mau dikasih kado. Terus terang saya sempat agak pusing akhir tahun kemarin ketika harus mikirin kasih kado apa untuk keluarga dan teman – teman terdekat disini, karena saya pikirin satu persatu kesukaan orang tersebut dan juga tentunya harus disesuaikan juga sama budget rumah tangga hahaha. Sekedar tips yang saya pelajari tahun ini adalah rencanakan dari jauh hari, catat satu persatu orang yang mau dikasih kado dan kira – kira seleranya gimana. Kemudian, beli kadonya ketika periode diskon Thanksgiving atau Black Friday. Dengan begitu urusan kado bisa selesai dari jauh hari dan bisa beli barang bagus dengan harga hemat! 😀

Kebiasaan – kebiasaan tersebut saya lihat di daerah tempat tinggal saya di Los Angeles, mungkin beda kalau kamu tinggal di kota lain dan pastinya beda kalau kamu di negara lain. Kebiasaan akhir tahun apa sih yang kamu perhatikan di negara/kota tempat kamu tinggal? Ditunggu ya ceritanya 🙂

7 thoughts on “Kebiasaan Akhir Tahun di Amerika”

  1. Kebiasaan kirim kartu sama kayak di Belanda. Aku memang suka kirim kartu sejak di Indonesia. Tinggal di Belanda makin terasah lagi, makin suka kirim2 kartu. Berarti cocok ya kita selama ini kirim2an kartu Christa. Orang Belanda pun, apa2 semua pake kartu. Dari lulus ujian nyetir sampai adopsi anjing atau kucing pun ada kartunya.
    Kebiasaan akhir tahun di Belanda : makan Oliebol(-len). Ini macam roti goreng kalau di Indonesia. Macam2 jenisnya, ada polosan (ditabur gula), ada yg pake kismis. Selain Oliebol, juga makan Appelbeignet. Kami di rumah juga ikut tradisi itu. Beli, ga bikin sendiri yang dua camilan itu. Meskipun aku juga buat camilan lainnya : pisang goreng dan singkong goreng. Kearifan lokal bersanding dengan kearifan internasional haha. Trus kata suamiku, ada kebiasaan lainnya yang dulu masih dijalankan tapi sekarang rasanya sudah jarang sekali dilakukan : jam 12 malam teng, tetangga2 pada keluar rumah untuk kasih selamat tahun baru. Kalau ada tetangga yang belum nongol tapi lampu rumahnya masih nyala, didatangi rumahnya lalu diucapkan selamat tahun baru. Untungnya kebiasaan itu sdh sangat jarang sekarang. Apalagi kami di rumah kalau malam tahun baru ga ada bedanya dengan malam2 lainnya : jam 10 malam sudah tidur 😅

    1. Iyaa cocok ya Den kita suka kirim2an kartu ternyata sesuai kebiasaan tempat tinggal masing2 hehehe.. hmmm aku gak merhatiin kalau ada makanan spesial di akhir tahun kalau disini, kecuali pas Thanksgiving makan Turkey.. tapi kalau Natal/Tahun baru sih kayaknya gak ada ya. Aku jadi pengen cobain Oliebol ituuu… kalo pake -len maksudnya jamak yah Den?

  2. Happy holiday Ta! Kami udah lama ga natalan di Portland, Maine, tapi biasanya acara buka kado seharian disertai speech dan peluk sana sini. Taun ini kami breaking the tradition natalan rame-rame di Belanda 😀

Leave a Reply to Ditaa Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.