Review “Crash Landing On You” Dari K-Drama Newbie

Setelah sekian lama mantau teman-teman yang terkena demam Korea, akhirnya dengan ini saya umumkan kalau saya kena juga.. hahahaha. Dari dulu tuh saya nggak pernah merasa tertarik sama hiburan Korea, mau itu musik atau film, apalagi artis2nya. Ya ngga tau kenapa tapi ngga selera aja kayaknya sih. Sejak mulai banyak drama Korea di Netflix beberapa teman yang tau selera saya nyaranin buat nonton serial ini itu tapi pas coba nonton kok bosen, mana bahasanya kan gak ngerti, pusing rasanya dengernya lol.

Dari mulai akhir taun banyak banget teman2 di media sosial ngomongin serial “Crash Landing On You” di Netflix tapi ya lewat gitu aja kan. Sampai minggu lalu kebetulan lagi banyak waktu luang dan cari2 serial TV baru buat di tonton, terus baca deh sinopsis nya si “Crash Landing On You” (Kita singkat aja jadi CLOY kayak orang2) dan tertarik karena settingan nya di Korea Selatan dan Utara. Penasaran aja sih.

Hari Kamis kemarin mulai lah saya nonton si CLOY. Episode 1 dan 2 ngga gitu tertarik. Terlalu banyak bumbu ga penting menurut saya, kayak berasa nonton sinetron Indonesia jaman dulu. Tapi karena settingan nya itu saya penasaran liat situasi kehidupan Korea Utara dan mutusin buat nonton terus.

Oh iya sebelum lanjut, kali aja ada yang nggak nonton- plot ceritanya tentang seorang wanita muda yang cantik dan sukses dari keluarga kaya di Korea Selatan (Se-Ri) yang nggak sengaja kebawa angin waktu lagi Paragliding dan mendarat di daerah militer perbatasan Korsel-Korut. Doi dianggap hilang di Korsel, padahal sebenarnya diketemukan sama Kapten Ri, anggota militer di daerah perbatasan. Ceritanya berlanjut soal gimana Se-Ri “terpaksa” hidup di Korut, gimana Kapten Ri dan tim nya berusaha mulangin Se-Ri ke Selatan, sampai tentunya gimana Se-Ri dan Kapten Ri akhirnya mulai naksir satu sama lain dong ya. Big Questions nya di epsiode2 awal tuh “gimana Se-Ri bisa pulang ke Selatan?” sama “gimana nasib hubungan Kapten Ri dan Se-Ri diantara border Utara dan Selatan?”

Sebagai penggemar serial TV amerika saya merasa lumayan kebiasa sama drama2 layar kaca lah macam serial The Fosters, Gossip Girl, The OC. Kalo kamu nonton juga TV series itu kan berasa ya kayaknya masalah tuh adaaaa aja nggak kelar2 hehehe. Ternyata drama2 itu nggak ada apa2 nya dibandingkan drama di universe nya CLOY ini teman2! hahaha.

Walaupun menurut saya masih banyak adegan2 kurang penting dan plot2 cerita yang gak terlalu relevan untuk menjawab 2 pertanyaan besar tadi, tapi ternyata CLOY suksessss membuat saya ketagihan dan menghabiskan 1 season (16 episode) selama Sabtu-Minggu kemarin. Sampai cuma tidur 3 jam lho pas malam minggu! hahahahaha ampun deh.

Makin lama tuh saya makin kepincut sama dinamika hubungan Se-Ri dan Kapten Ri, terus kalau mau ngebandingin sama dinamika hubungan serial TV Amerika, hubungan mereka di CLOY tuh kayak lebih menggemaskan, malu2, tapi keliatan banget permainan emosinya. Emang sih agak terlalu banyak adegan nangis yang kurang signifikan tapiiii masih bisa di fast forward 10 detik kok kalau kamu nontonnya di Netflix app. πŸ˜›

Menurut saya perkembangan hubungan mereka tuh berasa banget dan berhasil dibangun pelan2 tiap episode, jadinya makin lama tuh saya makin berasa emotionally invested sama hubungan mereka, duuuh! Walaupun saya udah bisa nebak kira2 ini ujungnya happy ending lah ya, tapi masih penasaran banget gimana cara mereka mencapai ending tersebut dan ternyata sepanjang jalan tuh ada drama kiri kanan yang nambah2 bikin saya emotionally invested.

Serial ini juga berhasil bangun cerita sampingan mulai dari pasukan kapten Ri yang lucu dan adorable banget bikin saya ketawa2 dan bahkan ada satu adegan di episode 15 yang malah bikin saya suksesss meneteskan air mata pas saya nonton adegan Se-Ri dan anggota pasukan kapten Ri ini. (FYI saya nggak nangis nonton Se-Ri dan kapten Ri tapi malah nangis pas liat pasukan nya hehehe). Terus ada juga cerita ibu2 di desa yang ujungnya jadi teman2 Se-Ri, ada cerita keluarga Se-Ri, keluarga kapten Ri, sampai masa lalu Se-Ri dan kapten Ri… dan tentunya drama militer karena gak seru kan serial drama tanpa adegan berantem dan tembak2an hehehe.

Saya ngajak R nonton dan dia suka juga walaupun dia cuma nonton beberapa episode, sisanya saya ceritain aja rekapnya haha. Tadi malam kami nonton 2 episode terakhir bareng2 dan cukup terhibur, saya sih lega banget sama endingnya hahaha, kalo si R merasa kalo kita perlu #BringJusticeToSeoDan (buat yang ngerti aja… lol). Dia terus2 nanyain nasibnya Seo Dan gimana hahahaha.

Tadi pagi sebelum saya memutuskan buat nulis blog ini saya sempet baca2 artikel dan liat2 Youtube buat cari apakah serial ini bakal ada season 2 nya, soalnya katanya CLOY tuh salah satu serial drama Korea yang paling sukses sepanjang sejarah. Katanya belum tau sih, tapi saya malah ketemu video2 soal artis dan aktor yang mainin Se-Ri dan Kapten Ri… dan pas nonton mikir, woow pantesan saya sampai segitunya, soalnya chemistry mereka berasa banget sih, bahkan pas lagi di-interview di luar syuting.

Saat ini sih saya masih pengen nonton ulang CLOY, terutama adegan2 lucu dan menggemaskan antara Se-Ri, kapten Ri, dan pasukannya. Apakah saya bakal nonton serial drama Korea lainnya? Kayaknya nggak deh untuk saat ini, soalnya masih terlalu emotionally invested sama serial ini hahahaha.

Kamu gimana, udah nonton? Kalau belum, tertarik nggak?

32 thoughts on “Review “Crash Landing On You” Dari K-Drama Newbie”

  1. Ini banyak banget berseliweran di timeline fb hahahaa tapi aku blom sempet ntn, udah vakum ntn drama korea bertahun2 krn sibuk… Biasanya yg gak demen sama drama korea karena alurnya lambat…dan dia banyak perpindahan scene, gerak lambat, zoom in zoom out (trus mulai muncul OST) jadi org gregetan hanya utk 1 adegan lelet bener hahahahaa

    1. awalnya juga aku geregetan nontonnya, pas baru mulai nonton episode awal banyak aku lewatin, makin lama udah kesengsem, langsung gak peduli sama adegan zoom in zoom out nya, terlalu fokus sama Hyun Bin dan Ye Jin hahahahahahahahaaa ampun! πŸ˜›

  2. Aku lagi nonton! Jarang banget gileeee nonton Drakor. 10 tahun lalu sih demen. Sejauh ini baru 2 episode, kok seru ya, kok lucu ya… jadi kayaknya mau dilanjutin :p Sama aku juga lagi nonton Vagabond, jadi kalo udah tegang2 nonton Vagabond terus kesel sama ending episodenya, selow dulu deh ganti jadi CLOY :p

  3. Mbak, aku belom nonton CLOY tapi barusan nonton Hi Bye, Mama, bagus. Sebelumnya nggak tertarik jg nonton atau dengerin musik Korea, sama spt dirimu, tapi jadi tertarik nonton Hi Bye, Mama krn itu Netflix Original Series (yg biasanya bagus), dan ternyata memang bagus πŸ˜†

    1. Gara2 aku nonton CLOY sekarang aku mulai nonton Memories of Alhambra di Netflix dan kemaren ini dapet rekomendasi Hi Bye, Mama hahahaha… udah mulai kecantol nih πŸ˜›

  4. Pengin nonton karena ruameee banget dibahas di mana2, disuruh temen, dan emang tertarik aja liat kegemesan Se-Ri + Kapten Ri, tapi males nunggunya kalo masih belom tamat tayang. Nah sekarang udah tamat, malah belum ada waktunya. (Ribet) πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  5. Hahaha gue ampe bikin postingan “Semua akan ngedrakor pada waktunya”. Gile2 gara2 CLOY banyak temen2ku yg anti banget sama drama korea dan jd baper wkwkwwk. The power of Hyun Bin and Son Ye Jin. Juga the power of Park Ji Eun sebagai penulis. Aku as tau mereka akan ngedrama bareng langsung girang tp ga tau bakal meledak gini drama mereka.

    Satu2nya drama yg aku rekomen buat para newbie adalah Reply 1988. The most loveable drama. You should watch chi. Hahaha soalnya CLOY itu kurang real aja walau emang lucu manis n hangat. Tp kalau nonton Reply 1988 which is udah ada di netflix juga kamu akan ga move on berbulan2… Lol..

    1. Aku tau banget kamu pasti muncul Jo, hahahahaha… selama ini udah mantau kisah2 korea kamuuu :)))) akhirnya aku ngedrakor jugaa wkwkwkwkwk. coba deh aku nanti nonton ya Reply 1988, tapi jujur aku bener2 tergila2 nya sama Hyun Bin dan Ye Jin jadi malah kemaren bela2in rent film mereka yg The Negotiation di Amazon.. bakal nonton nih hari inii lol

      1. Hahaha biasanya gitu chi.. Bakal nyari fim mereka yg lain tp mereka visualnya bagus sih. Karakter hyun bin paling menyenangkan ya di CLOY chi. Coba ntn memories of alhambra deh chi.. Kamu ga bakal nyangka ada kdrama dengan genre itu. Will bring you to a different level of watching drama. Di situ Hyun Bin gantengnya bangetsss2. Di secret garden dia juga menggemaskan… Tp aku paling baper sih dia main sama Song Hye Kyo do Worlds within thn 2008.huhuhu boy next door banget…karakter dia paling real

  6. Aku kok ga suka drama Korea ya. Pusing denger dialognya yang dikit-dikit suaranya meninggi.. Pernah sekali suamiku nonton Reply 1988 di TV dan suara dialognya sahut-sahutan, aku dengernya ngerasa keganggu banget. Sampe mbatin “ngomong dengan nada santai aja apa ga bisa ya?”
    Suamiku sampe akhirnya nonton pake headset cuma supaya aku ga keganggu.. Hahahaha.. Tapi kayaknya juga dia ga ngelanjutin nonton Reply 1988 sampe abis tuh.

    Makanya walopun banyak denger tentang CLOY, aku ga minat sama sekali.. Belum apa-apa udah kebayang nada dan cara ngomong yang teriak-teriak dan nge-gas.

    1. Mungkin sama orang korea juga belum tentu suka dengar aksen dan intonasi kita berbicara. Btw saya juga belum bisa klik denger oramg thailand bicara.. Aneh rasanya. Nah mungkin emang belum terbiasa aja kuping kita ya. Oramg korea bicaranya mirip orang batak… Nadanya mengayun2 keras dan seperti marah2… Tp cerita reply 1988 itu bagus banget sih sayang ga dilanjut…

      1. Iyaa betul suaranya mengayun keras dan seperti marah-marah. Dan kebetulan aku memang agak sensitif terhadap suara keras sih hihihi

    2. Hahahaha… dulu aku sempet merasa gitu lho, aku bingung kalo ga ngerti dialog nya, jadi cuma nonton film indonesia tau inggris aja, eeehhh gara2 CLOY ini sekarang lanjut mulai nonton film Hyun Bin lainnya (ketauan ya kecantolnya sama siapa hehehehe :P)

  7. Aku nyoba nonton, satu episode aja ga kuat hahaha, ga bakat nonton K-drama. Yang bikin ga kuat adalah ga tahan denger cara mereka ngomong, kek di manja2in, terus pake teriak2 dan slapstick comedy yang main tangan lah. Engga banget buat gw hahaha

    1. Aku awalnya gak kuat tapi lama2 bias gara2 naksir Hyun Bin sama Son Yejin nya hahahahaha…. terus begitu udah naksir, udah deh berasa normal semua lolll

  8. Aku sama sepertimu hahahahha gila aku belum move on bgt dan berharap semoga ada season 2 nya 😭😭😭

  9. Sekarang lagi booming frakor backstreet rookie, mungkin coba bisa nonton, aku pun gk suka drakor korea, tp karna asik nampak iklan ny di youtube ywd coba test nonton eps1 eh malah ketagihan sekarang nunggu eps15 ny keluar hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.